Langsung ke konten utama

Tipe dan Jenis Kepribadian Seseorang Melalui Status Facebook

Artikel ini merupakan cuplikan artikel dari salah satu website yaitu Psychologymania yang telah kami editing (bahasanya), namun dari keseluruhan isi ini pada intinya tidaklah berbeda dengan konten aslinya.

Kami merilis artikel ini karena melihat fenomena bahwa anak muda, remaja, pemuda, dan orang tua saat ini berlomba-lomba untuk "update" mengenalkan dirinya kepada khalayak umum melalui sebuah komunitas atau jaringan sosial online. Akan tetapi dari kita terkadang tidak mengetahui bahwa sesungguhnya setiap status, komentar dan aktivitas yang kita update memiliki makna, yaitu dapat melihat tipe dan jenis kepribadian diri kita. Pada artikel ini dikenalkan pula istilah "facebooker", yang digunakan untuk menamai seseorang yang aktif di jejaring sosial facebook.
Psychologymania merilis 9 (sembilan) tipe kepribadian manusia dari aktivitasnya di facebook, yaitu :
  1. Tipe Sosial
    Facebooker ini lebih banyak mengklik status facebooker lain, baik itu komentar, foto, ataupun hanya status pertemanan. Dia juga aktif mengomentari status orang walaupun status sendiri tidak pernah di update.
  2. Tipe Narsistik
    Facebooker ini lebih sering mengunggah foto atau mengomentari foto-foto yang ada, baik foto sendiri (narsistik sejati) ataupun foto bersama atau foto orang lain sekalipun.
  3. Tipe Melankolis
    Facebooker ini lebih sering curhat di facebook, mulai dari hal-hal yang kecil sampai sesuatu yang besar, kegiatan dari bangun pagi hingga tidur lagi di malam hari, ataupun sekadar ingin mencurahkan apresiasinya di facebook (karena di dunia nyata tidak mampu untuk menyampaikan, bahkan malu atau tidak ada yang mau lagi mendengarkannya).
  4. Tipe Ketergantungan (tiada waktu tanpa facebook)
    Facebooker ini hanya ada facebook dalam pikirannya. Facebooker ini pada umumnya lebih sering update status, baik pada waktu sibuk, ataupun tidur sekalipun, mimpi tentang update facebook. Komentarnya memang tidak panjang, tapi membuat risih, dan hal-hal yang tidak penting pun di update juga. Sehingga pasti ada saja bahan yang digunakan untuk update status.
  5. Tipe Puitis
    Facebooker ini update-nya selalu diisi dengan kata-kata yang menyentuh hati, kata mutiara, walaupun terkadang tidak jelas apa maksudnya. Update-nya terkadang membuat seseorang yang membacanya terharu dan membuat seseorang sadar atas apa yang disampaikannya.
  6. Tipe Filsuf
    Facebooker ini hampir sama dengan tipe puitis, hanya saja cara penyampainnya yang berbeda, yaitu lebih banyak memberikan saran dan kritik secara langsung, tetapi memiliki kedalaman makna.
  7. Tipe Untung
    Facebooker ini menggunakan facebook sebagai sarana promosi barang-barang yang akan dijual, dan statusnya pun tidak jauh dari promosi, penjualan barang-barang tersebut.
  8. Tipe Pengeluh
    Facebooker ini setiap waktunya hanyalah mengeluh.
  9. Tipe Misteris
    Facebooker ini benar-benar misterius, sehingga tidak dapat dideskripsikan secara jelas bagaimana sebenarnya facebooker tipe misterius ini.
Tipe dan jenis kepribadian di atas tentunya lebih luas lagi cakupannya dan memiliki beragam tipe dan jenis yang lain berdasarkan aktivitas seseorang di facebook. Semoga artikel ini bermanfaat !

Telusuri halaman ini menggunakan aplikasi Barcode Scanner pada Android Phone.

    Komentar