Langsung ke konten utama

Karakteristik Kain dan Bentuk Pakaian

Karakteristik Kain

Sumber Gambar : plazakain.com
Pada bagian ini, kami akan membantu untuk mengidentifikasi karakteristik kain yang memengaruhi bentuk terakhir dari pakaian, dan akan menjelaskan bagaimana kain menentukan potongan pola garmen. Pembaca perlu mengerti terlebih dahulu desain mode, seperti serat, struktur, penyelesaian, dan kinerja teknik kain, juga bagaimana mengakses informasi teknik terkait desain mode. 

Penampilan visual setiap pakaian secara langsung dipengaruhi oleh karakteristik kain yang dibuat. Memilih kain yang tepat untuk sebuah desain itu sulit, apalagi bekerja dengan berbagai jenis kain yang digunakan dalam industri tekstil, yang tidak terbatas jenisnya. Pemilihan kain oleh seorang perancang biasanya dilakukan pada tahap yang jauh lebih awal dalam penciptaan sebuah pakaian. Pada tahap ini akan lebih bermanfaat dalam membuat keputusan, seperti warna dan pola. Namun, menentukan kecocokan suatu kain untuk berbagai bentuk desain pada tahap konsep masih bergantung pada tiap-tiap perancang.

Pengetahuan intuitif perancang terhadap sebuah gambar yang akan membentuk rasa visual dari sebuah pakaian tergantung pada pengetahuannya terhadap pemotongan pola. Untuk memperjelas poin ini, akan digambarkan posisi pemotongan terhadap bentuk pakaian, sebagai contoh :
  1. Ketika kain berbentuk lingkaran yang sama dipotong dengan panjang yang berbeda, akan menghasilkan bentuk yang berbeda.
  2. Kain yang berbeda akan menghasilkan bentuk yang berbeda.

Lima Karakteristik Kain

Pada dasarnya, perbedaan kain akan menghasilkan bentuk pakaian yang berbeda, sehingga diperlukan suatu cara untuk mengidentifikasi adanya perbedaan bentuk tersebut. Metode pemotongan pola yang akan dipilih sehingga terbentuk sebuah gaya harus dimulai dengan analisis kain. Adapun lima karakteristik penting yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu metode pemotongan pola atau pemilihan pola secara blok adalah :
  1. Bobot
  2. Ketebalan
  3. Drape
  4. Shear
  5. Elastisitas

Skala Karakteristik Kain

Setiap kain setidaknya akan diilustrasikan sebagaimana berikut ini :



Sebagaimana diketahui bahwa tidak ada aturan baku yang menentukan kain mana yang harus digunakan untuk blok atau bentuk pola tertentu.

Komentar