Langsung ke konten utama

SAMPLE : Pedoman Penulisan Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) -- Bag. 1

Keterangan : Pedoman penulisan laporan ini dibuat hanya sebagai contoh dan bukan merupakan pedoman baku yang dikeluarkan oleh sekolah --karena memang sekolah belum menetapkan pedoman penulisan laporan ini-- yang semuanya itu digunakan untuk kemudahan dan keseragaman bentuk baik sistematika maupun tata tulis laporan bagi peserta didik.

Berikut ini adalah Pedoman Penulisan Laporan Prakerin yang sebelumnya sempat saya susun akan tetapi belum dilegislasi oleh kepala sekolah bagi Peserta Didik Kompetensi Keahlian Garmen Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Texmaco Semarang.
  1. Bagian I Pedoman Penulisan Laporan Prakerin
    Penulisan laporan prakerin terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian Pra Pendahuluan, Pendahuluan (Bab I), Kegiatan Prakerin (Bab II), dan Penutup (Bab III).
    • Bagian Pra Pendahuluan
      Bagian pra pendahulun mencakup  halaman sampul depan, halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel dan daftar lampiran.
      1. Halaman Sampul Depan
        Halaman sampul depan memuat : judul laporan, maksud laporan, lambang atau logo SMK Texmaco Semarang, nama dan nomor induk siswa, instansi yang dituju dan tahun pembuatan laporan.
        • Judul Laporan dibuat sesingkat-singkatnya, tetapi jelas dan menunjukkan dengan tepat kegiatan prakerin yang dilaksanakan.
        • Maksud Laporan ialah untuk menyusun laporan kegiatan prakerin sebagai syarat untuk mengikuti Uji Kompetensi Keahlian Garmen dan Ujian Nasional SMK Texmaco Semarang.
        • Lambang SMK Texmaco Semarang dengan diameter 5,5 cm.
        • Nama dan Nomor Induk Siswa ditulis dengan lengkap, tidak boleh disingkat dan nomor induk siswa dicantumkan di sebelah kanan nama siswa.
        • Instansi ialah Kompetensi Keahlian Garmen Sekolah Menengah Kejuruan Texmaco Semarang.
        • Tahun Pembuatan Laporan ditunjukkan dengan menuliskan tahun pelaksanaan prakerin atau penyelesaian penyusunan laporan.
      2. Halaman Judul
        Halaman judul berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul depan, tetapi diketik di atas kertas putih.
      3. Lembar Pengesahan
        Lembar pengesahan berisi persetujuan dan pengesahan Pembimbing dan Pimpinan Dunia Usaha/Dunia Industri, Guru Pembimbing, Kepala Kompetensi Keahlian dan Kepala Sekolah. Pada tanda tangan Pimpinan Dunia Usaha/Dunia Industri dibubuhi stempel perusahaan.
      4. Kata Pengantar
        Halaman ini mengantarkan dan menyiapkan pembaca laporan agar memusatkan perhatian pada laporan yang dibahas. Kata Pengantar dapat berisi hal-hal sebagai berikut :
        • Ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
        • Menjelaskan tujuan penyusunan laporan Prakerin
        • Pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan
        • Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberi bantuan
        • Manfaat laporan
        • Harapan penyusun tentang kritik dan saran yang membangun dari pembaca
      5. Daftar Isi
        Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang isi laporan dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin langsung melihat suatu bab atau anak sub bab judul. Di dalam daftar isi tertera urutan judul, sub judul, dan anak sub judul disertai dengan nomor halamannya.
      6. Daftar Tabel
        Jika dalam laporan terdapat banyak tabel, perlu adanya daftar tabel yang memuat urutan judul tabel beserta dengan nomor halamannya, tetapi kalau hanya ada beberapa tabel saja, maka daftar ini tidak perlu dibuat.
      7. Daftar Gambar
        Daftar gambar berisi urutan judul gambar dan nomor halamannya. Perlu tidaknya suatu daftar gambar tersendiri, sama persyaratannya dengan daftar tabel.
      8. Daftar Lampiran
        Sama halnya dengan daftar tabel dan daftar gambar, daftar lampiran dibuat apabila laporan dilengkapi dengan lampiran-lampiran yang tersusun (sedikit/banyak) dengan isi berupa urutan judul lampiran dan nomor halamannya.
    • Bagian Pendahuluan (Bab 1)
      Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut :
      1. Latar Belakang
      2. Tujuan Praktik Kerja Industri
      3. Manfaat Praktik Kerja Industri
      4. Sejarah Dunia Usaha/Dunia Industri
      5. Struktur Organisasi Dunia Usaha/Dunia Industri
      6. Denah Lokasi Dunia Usaha/Dunia Industri
    • Kegiatan Prakerin (Bab 2)
      Kegiatan prakerin berisi penjabaran dari kegiatan prakerin yang diuraikan secara terperinci dan sistematis. Jumlah sub bab dalam bab ini disesuaikan dengan banyaknya bagian atau masalah yang dibahas.
    • Penutup (Bab 3)
      Bagian ini berisi simpulan dan saran.
      1. Simpulan
        Simpulan merupakan pernyataan singkat dan tepat yang dijabarkan dari hasil pelaksanaan prakerin yang berisi hal-hal penting dalam pokok bahasan.
      2. Saran
        Saran dibuat berdasarkan keterkaitan antara Praktik Kerja Industri dengan proses pembelajaran di sekolah.
  2. Bagian II Bagian Akhir Laporan
    (bersambung pada bagian ke 2)

Komentar